Jumat, 22 Agustus 2014

PANTAI MATAHARI TERBIT - SANUR

Menghadap timur, Pantai Sanur dikenal memiliki panorama matahari terbit yang sangat indah. Tidak heran bila sejak pagi-pagi buta sudah banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk menanti datangnya pagi, menyambut hari dengan keindahan sunrisenya yang melegenda. Tapi tahukah anda bahwa tidak jauh dari Pantai Sanur terdapat sebuah pantai bernama Pantai Matahari Terbit?
Apa yang membuat pantai ini dinamai Pantai Matahari Terbit mungkin bisa tergambar jelas dari namanya, panorama sunrise di pantai ini memang sangat indah. Tapi apakah keindahan sunrisenya lebih indah daripada sunrise di Pantai Sanur? Rasanya koq ya sama saja. Mataharinya tentulah masih sama, di bumi ini kita hanya mengenal satu matahari, sedangkan pantainya sendiri masih berada di bentangan pesisir yang sama, hanya terpisah beberapa puluh meter saja. Sepertinya penamaan ini tidak lebih dari sekedar nama, branding dalam istilah pemasaran modern yang akhir-akhir ini sering didengung-dengungkan.
Popularitas Pantai Matahari Terbit memang tidak sebeken Pantai Sanur. Terkenal ke seantero jagat sejak puluhan tahun yang lalu, legenda Pantai Sanur bahkan mebuat Presiden Indonesia Pertama, Ir. Soekarno, memerintahkan pembangunan hotel modern pertama di Bali di pantai ini. Sementara Pantai Matahari Terbit, bahkan sampai sekarangpun mungkin kebanyakan wisatawan tidak mengenal namanya, bahkan kalaupun saat berkunjung ke Bali mungkin memarkir mobil mereka di pantai ini.

Keramaian Pantai Sanur memang sering kali membuat lahan parkirnya tidak lagi mampu menampung aliran kendaraan pengangkut pengunjung. Kalau sudah begini, biasanya kendaraan, terutama bis-bis besar, akan diarahkan untuk memarkir kendaraan di Pantai Matahari Terbit yang memang memiliki lapangan parkir cukup luas. Dari Pantai Matahari Terbit ke Pantai Sanur pengunjung hanya tinggal berjalan kaki sekitar 5-10 menit melalui jalan setapak berpaving di tepi pantai.

Jika Pantai Sanur merupakan pertemuan antara pantai berpasir hitam ke utara dan pantai berpasir putih ke selatan, Pantai Matahari terbit yang berada beberapa puluh meter di utara Pantai Sanur berpasir hitam. Selain itu pada saat laut pasang, biasanya hanya tersisa sedikit luasan berpasir, sehingga tidak asik untuk bersantai, berjemur, bermain pasir, atau berenang. Karena itu tidak heran kalau siang dan sore hari, pengunjung cenderung lebih memilih Pantai Sanur.

Tapi di pagi hari terutama saat matahari terbit, setelah beberapa kali menghabiskan sunrise di kedua pantai ini, saya mulai melihat keunikan tersendiri di Pantai Matahari Terbit. Jika di kawasan Pantai Sanur perahu yang tidak dipergunakan akan dinaikan dan diparkir berjejer di pasir pantai, di kawasan Pantai Matahari Terbit perahu-perahu itu dibiarkan terapung di tengah laut, hanya diikat ke batu atau pohon di tepi pantai. Pada saat kita menikmati sunrise, apalagi saat memotretnya, siluet perahu-perahu yang terapung di tengah laut ini memberi kesan yang sangat berbeda.

Kalau soal popularitas Pantai Matahari Terbit mungkin kalah dibanding Pantai Sanur, lain halnya soal fasilitas yang tersedia. Selain lapangan parkir yang luas bahkan terdapat halte bis Trans Sarbagita yang menghubungkan Sanur dengan Terminal Batubulan di utara Denpasar dan Nusadua di semenanjung selatan Bali, ada juga wantilan terbuka yang cukup luas, toilet, restoran, jejeran warung, dan fasilitas lainnya. Sama dengan Pantai Sanur, kawasan seputar Pantai Matahari Terbit juga teduh dengan lindungan pohon-pohon besar.

Selain itu ada lintasan jalan setapak berpaving di sepanjang pantai yang menghubungkan Pantai Matahari Terbit dengan Pantai Padang Galak di utara dan Pantai Sanur di selatan. Pantai Padang Galak sendiri berjarak sekitar 1.5 kilometer ke utara. Sementara Pantai Sanur yang hanya beberapa puluh meter dari Pantai Matahari terbit ini merupakan awal dari bentangan pantai indah berpasir putih yang panjangnya sekitar 3 kilometer. Jadi jalan setapak yang melintas di tepi Pantai Matahari Terbit ini cukup panjang, hampil 5 kilometer membentang dari Pantai Padang Galak di utara sampai Pantai Mertasari di selatan.