Selasa, 12 Agustus 2014

TAMAN NUSA BALI

Kini di Bali ada tempat wisata baru yaitu sebuah cultural park yang baru buka di awal tahun 2013. Namanya Taman Nusa, cultural park ini menampilkan bukan hanya budaya Bali tapi Budaya seluruh Indonesia. Anda bisa mengajak putra-putri anda untuk berwisata budaya sebagai alternatif  tempat wisata untuk anak di Bali.
Dengan jumlah suku di Indonesia yang sangat banyak tentu selama ini anda hanya tau beberapa dari mereka. Tau sedikit tanpa mengetahui bagaimana kebudayaan mereka. Malu dong ngaku orang Indonesia tapi tidak tau kebudayaan asli Indonesia. Jarak tempuhnya kira-kira satu jam perjalanan dari Denpasar. Lokasinya di kabupaten Gianyar. Kalau dari Kertagosa Klungkungkira-kira 30 menit. 

Taman Nusa merupakan  taman wisata budaya yang memberikan pengetahuan menyeluruh tentang budaya dari berbagai etnis Indonesia alam suasana alam lingkungan pulau Bali. Misi Taman Nusa adalah menjadikan taman budaya sebagai serana pelestarian, rekreasi dan edukasi bagi para pengunjung baik local maupun mancanegara untuk lebih memahami budaya Indonesia dengan cara menarik dan atraktif

Di kawasan seluas 15 Ha, pengunjung berkesempatan untuk menjelajahi dan menikmati panorama perjalanan waktu Bangsa Indonesia, dimulai dari masa sejarah, zaman perunggu, masa kerajaan hingga kakmpung budaya Indonesia. Perjalanan berlanjut ke masa awal Indonesia, era kemerdekaan, masa kini dan akhir sampai di masa depan harapan Indonesia

Taman Nusa merupakan taman wisata budaya yang memberikan pengetahuan menyeluruh tentang budaya dari berbagai etnis Indonesia dalam suasana lingkungan alam pulau Bali. Adapun misi Taman Nusa menjadikan taman wisata budaya sebagai serana pelstarian, rekreasi dan didaktika bagi para pengunjung baik local maupun mancanegara untuk lebih memahami budaya Indonesia dengan cara yang menarik dan interaktif.

Di cultural park ini anda bisa benar-benar memahami Indonesia. Anda juga bisa belajar sejarah Indonesia disini. Kita bisa menanamkan rasa cinta budayan Indonesia kepada anak-anak kita.  Anda juga pasti tertarik untuk mengetahui bagaimana bentuk rumah adat daerah lain yang belum pernah anda lihat sebelumnya .

Lebih dari enam puluh rumah adat dari seluruh Indonesia. Ada rumah Gadang, rumah Joglo, dan lainnnya. Disini anda bisa melihat bagaimana kehidupan dan kebudayaan masing-masing suku di Indonesia.



Pemandangan alam tebing Gianyar di Bali berpadu dengan arsitektur Indonesia, membentuk alam surgawi yang mengagumkan. Bangunan ini adalah saksi bahwa lingkungan alam bisa dipertahankan . Komplek Taman Nusa berdiri di tebing, menyusuri Sungai Melangit, dengan pemandangan hijau subur yang sarat dengan tumbuh-tumbuhan alam. Arsitek senior yang memahami alur perkembangan arsitektur Indonedia merancang Taman Nusa sedemikian rupa sehingga bangunan menyatu dengan alam.

Arsitetur Indonesia tidak bisa dibatasi dengan satu bentuk bangunan. Setiap pulau dan daerah memiliki idetitas khas dari satu masa ke masa lain. Adat vernacular kuno ditandai fondasi tiang, lantai meninggi, hubungan atap pemanjang, dan bidang sopi-sopi yang memiring keluar. 



Warisan masa Hindu dan Buddha ditanadi candi, bangunan batu yang dibuat di atas ruang bawah tanah dengan atap menyerupai piramida yang penuh ragam berhias.Arsirek Islam yang ideologis manfsirkan kembali adat bangunan pendahulu untuk memenuhi kebutuhan Islam, ditandai lambing-lambag Islami. Orang Belanda memadukan unsure arsitektur nusantara dengan arsitekur Belanda sehingga tercipta arsitektur colonial yang dikenal sebagai Gaya Hindia. Dengan emikian Taman Nusa menunjukkan arah perekambangan tradisi arsitetur budaya yang mencapai puncaknya melalui ungkapan arsitektural