Selasa, 02 September 2014

PANTAI PADANG - PADANG

Salah satu kawasan yang memiliki banyak pantai indah adalah kawasan bertebing di semenanjung selatan Bali, tepatnya bentangan pesisir antara Jimbaran sampai Pura Uluwatu, kemudian antara Pura Uluwatu sampai Pantai Nusadua. Di kawasan ini tebing karangnya bisa menjulan sampai lebih dari 100 meter tingginya, lihat saja tingginya tebing karang di Pura Uluwatu. Lalu kalau kawasan ini penuhi tebing karang, dimanakah letaknya pantai-pantai itu? Ternyata pantai-pantai itu tersembunyi jauh di kaki tebing, sehingga untuk mencapainya kita dipaksa menguras tenaga untuk menuruni ratusan anak tangga. Turun sih biasanya masih lumayan, tapi bagaimana dengan naiknya lagi nanti?

Tingkat kesulitannya itulah yang sering kali membuat wisatawan urung mengunjungi pantai-pantai tersebut, meskipun mereka mungkin sudah sering mendengar cerita mengenai keindahannya, bahkan mungkin sempat melihatnya melalui foto-foto yang di-posting melalui social media atau video yang di-upload melalui situs-situs berbagi video seperti Youtube dan Vimeo.

Nah yang tidak banyak orang tahu adalah bahwa ternyata tidak semua pantai-pantai ini sulit dijangkau. Beberapa diantaranya cukup mudah untuk ditemukan dan dicapai, salah satunya adalah Pantai Padang Padang. Untuk mencapai pantai yang satu ini tidaklah sulit. Lokasinya berada di antara kawasan Pantai Jimbaran dan Pura Uluwatu. Kawasan tempat pantai ini berada sebetulnya juga bertebing, hanya saja pantai ini kebetulan berada di mulut celah yang dilalui arus sungai. Jadi melalui tepi sungai ini kita bisa mencapai bentangan pasir yang berada di kaki tebing.

Celahnya sendiri sempit di sekitar jembatan tetapi kemudian melebar di tepi pantai, sehingga bentangan pasirnya lumayan luas. Tetapi seluas-luasnya juga di mulut celah, jadi ya nggak luas-luas amat. meskipun demikian lebih dari cukup untuk menjadikannya tempat yang indah dan nyaman dimana pengunjung bisa bersantai di atas pasirnya yang putih bersih dan berenang di airnya yang biru jernih. Bagi wisatawan yang tidak suka terjemur terik matahari, ada banyak bagian pantai yang ternaungi tebing yang menjulang di belakang pantai sehingga banyak tempat dimana kita dapat menikmati keindahan panorama sambil dininabobokan desiran semilir angin laut tanpa harus terjemur terik matahari.

Daya tarik lain Pantai Padang Padang adalah adanya titik ombak yang cukup menantang peselancar. Sebetulnya titik ombak ini tidak tepat berada di depan pantai tetapi di depan dinding karang. Hanya untuk mencapainya, satu-satunya jalan ya dari pasir pantai ini, kecuali mau loncat dari puncak tebing.

Anda yang suka berselancar dan sudah merasa cukup mahir dengan berlatih di pantai-pantai dengan ombak yang lebih bersahabat seperti Kuta dan Seminyak bisa menjajal keterampilan disini.